Jumat, 24 Mei 2013

Cara Mengatasi Kerusakan Kompor Gas LPG


Cara Mengatasi Kerusakan Kompor
Kerusakan Akibat Tikus.
Biasanya jenis kompor yang sering diganggu tikus adalah tipe kompor yang menggunakan baterai atau listrik untuk menyalakan pematik api kompor. Kompor seperti itu menggunakan rangkaian kabel untuk instalasi pematik apinya, dan ada ruang atau rongga dalam kompor yang bisa dimanfaatkan tikus untuk bersarang dan menyalurkan hobinya yaitu menggigiti kabel kabel yang ada sampai putus dan berserakan.
Kalau sudah terserang tikus kompor akan susah dihidupkan melalui pematiknya. Dan jika dibiarkan berlangsung lama akan membuat komponen pematiknya rusak semakin parah karena berkarat atau konslet. Biaya perbaikannya cukup mahal karena memang komponennya agak sulit dicari dan kalau ada satu set harganya cukup mahal.
Cara mengatasinya jika kompor belum rusak atau jika sudah selesai diperbaiki adalah segera menutup lubang-lubang yang ada dikompor yang bisa digunakan sebagai pintu masuk tikus dengan menggunakan kawat ram-raman / kawat kasa. Pastikan tertutup dengan baik tapi ventilasi kompor tetap lancar.
Kerusakan akibat sarang laba laba atau binatang kecil sejenis atau kecoa kecil.
Hampir semua merek dan jenis kompor bisa mengalami gangguan ini. Gejalanya kompor susah di hidupkan, atau nyala api kompor merah. Binatang binatang kecil ini suka menyusup ke lubang saluran gas LPG dari spuyer kompor hingga tempat keluarnya api dan membuat sarang disitu mengakibatkan tersumbat atau terganggunya aliran gas LPG.
Cara mencegah dan mengatasinya dengan membersihkan saluran gas kompor LPG secara berkala. Bersihkan dari sarang dan binatang kecil yang bercokol disitu.
Kerusakan akibat kotor (sisa minyak lemak dan air sewaktu memasak
Semua kompor LPG , Jika malas membersihkan kompor LPG akan bisa mengakibatkan beberapa kerusakan. Diantaranya :
1.      Knop pemutar atau kenop untuk menghidupkan kompor macet tidak bisa diputar.
2.      Kompor susah dihidupkan karena saluran gas tersumbat.
3.      Nyala api kompor merah.
4.      Nyala api kompor kecil tidak bisa besar seperti biasanya.
5.      Body kompor mudah berkarat dan keropos.
Biasanya jika dapur terjaga kebersihannya dan kompor juga sering dibersihkan butuh waktu bertahun tahun mengalami masalah-masalah seperti ini.
Jika api merah dan piringan tempat nyala api terlihat ada bekas minyak atau lemak bisa segera diatasi dengan membersihkan kotoran. Cukup dicuci dengan air bersabun seperti kalau kita cuci peralatan masak umumnya.
Jika masalah tetap tidak hilang lebih baik jika anda menghubungi tukang servis kompor LPG, karena jika tida hati hati-hati atau ceroboh bisa beresiko anda celaka. Ada hal-hal kecil yang harus diperhatikan dengan teliti termasuk kemungkinan membongkar spuyer kompor, bila ada yang terabaikan bisa terjadi kebocoran atau kompor terbakar.
Kerusakan akibat ada komponen kompor LPG yang aus, patah rusak dll.




Kebanyakan kerusakan terjadi pada kompor kompor yang murah. Semakin murah harga kompor LPG anda akan semakin mudah kompor LPG anda mengalami kerusakan seperti ini. Bisa karena kualitas yang kurang bagus atau karena usia kompor.
Mengatasinya adalah dengan memilih kompor dengan kualitas yang baik sewaktu anda memilihnya, selain melihat body kompor yang kokoh perhatikan juga mesin spuyer kompor apakah terlihat berbahan bagus atau bahan ringkih.
Oke sementara segini dulu postingan saya. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi dokter……….maaf …..maksudnya  hubungi tukang servis kompor LPG kenalan anda, atau anda bisa tanyakan melalui kometar di postingan ini.



5 komentar:

  1. Ayo jangan sungkan2 utk bertanya seputar kompor gas ...Demi keamanan diri kita keluarga dan tetangga.

    BalasHapus
  2. Nice Share gan,, tapi maaf neh mau nanya? kalau api yang keluar dari kompor gas tidak menyembur/tidak ada tekanan, lalu apinya juga merah, itu kenapa ya?
    ana pake Quantum..

    Thank..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabri, kalo apinya tdk nyembur bisa disebabkan dari regulator atau stelan spuyer tidak pass.api merah karena burnernya kotor atau pneumatiknya yg kotor ,solusinya di buka dan dibersihkan (semua merk kompor )
      Terima kasih atas pertanyaannya.

      Hapus
  3. mau tanya klo knop regulatornya(pengunci regulator) patah bagaimana melepas regulator yang sudah tertanam di kepala GAS. sementara aliran gas tidak keluar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ibu baru dibalas, Kalo knob regulator patah yg hitam dilepas kemudian gunakan tang utk membukanya.maaf alamat tinggalnya dimana ya ..? kalo kira masih terjangkau mungkin bisa kita bantu.

      Hapus